Tahukah Anda Kini Beli Tiket Kapal Pelni Kini Bisa Lewat Aplikasi Ponsel

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meluncurkan Pelni Mobile, aplikasi berbasiskan android serta iOS. Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) ini pula di tandatangani nota kesepakatan (MoU) serta kesepakatan kerja sama (PKS) mengenai Service Pembayaran Non-Tunai dengan menyiapkan piranti electronic data capture (EDC) bank-bank punya negara (Himbara) di semua loket Pelni.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, O. M Sodikin menjelaskan peluncuran aplikasi Pelni Mobile ini diperuntukkan untuk tingkatkan service buat konsumen setia Pelni.

“Sekarang konsumen setia bisa lakukan reservasi tiket kapal Pelni, di mana saja serta kapanpun lewat smartphone,” kata Sodikin dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Sodikin meneruskan, aplikasi Pelni Mobile telah bisa didownload pemakai hp berbasiskan Android terhitung 6 Mei 2018, serta selekasnya ada buat pasar aplikasi berbasi iOS.

Di kesempatan yang juga sama dikerjakan acara penandatanganan MoU serta PKS mengenai Service Pembayaran Non-Tunai dengan menyiapkan piranti EDC Bank Himbara di loket Pelni.

Penandatanganan ini dikerjakan Direktur Penting Pelni Insan Purwarisya L. Tobing dengan Direktur Jalinan Kelembagaan serta Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Jalinan Kelembagaan BRI Sis Bagus Wijayanto, serta Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, dan Direktur Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar.

Insan menjelaskan telah waktunya service pembayaran nontunai diimplementasikan dalam transaksi pemesanan serta pembelian ticket kapal Pelni.

“Dengan memakai mesin EDC Bank Himbara, konsumen setia Pelni tak perlu membawa uang tunai ke loket,” terangnya.

Pelni, lanjut ia, akan menempatkan mesin EDC sekitar 53 unit, satu unit di loket kantor pusat Jakarta serta 52 unit di loket kantor cabang yang menyebar dari Belawan sampai Jayapura.

“Pada kuartal III-2018, akan terpasang di dua loket, yakni loket kantor pusat serta loket kantor cabang penting Tanjung Priok,” tutur Insan.

Setelah itu untuk kuartal IV-2018, akan dikerjakan pemasangan di dua loket kantor cabang penting yang lain, yakni kantor cabang Surabaya serta Makassar.

“Diinginkan pada 1 Januari 2019, pembelian ticket beberapa konsumen setia Pelni dengan memakai mesin EDC Bank Himbara ini sudah berjalan seutuhnya di 53 loket Pelni,” tutup Insan.

Sumber: www.liputan6.com